8 Strategi Marketing Efektif untuk Bisnis Kamu Di Tahun 2021

8 Strategi Marketing Efektif untuk Bisnis Kamu Di Tahun 2021

Tahun 2021 telah tiba, waktunya untuk bangkit dan terus berusaha sekalipun keadaan belum sepenuhnya membaik, memperbaiki strategi marketing bisa jadi pilihan resolusi bagus buat kamu yang mengelola online shop, kafe, toko, atau bisnis lainnya, 

Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Strategi Marketing yang Tepat?

Di masa pandemic seperti sekarang ini, strategi pemasaran offline sudah tidak bisa dijalankan dan semua beralih ke strategi marketing online karena dinilai lebih efektif dan efisien. Ada banyak media yang bisa pemilik usaha memanfaatkan mulai dari blog dan media sosial sampai menggunakan seo. 

Namun selain alasan pandemi yang bagi sebagian orang, apalagi old minded, mungkin perlu diyakinkan kenapa cara marketing lama tidak bekerja di situasi seperti sekarang dimana pilihannya hanya ada dua, teguh dengan pendirian pribadi tapi boncos terus, atau mau bangkit dengan cara beradaptasi go online mulai dari sekarang. Sebelum menentukan pilihan, kamu bisa mempertimbangkannya dengan cara membaca manfaat dari online marketing dibawah ini:

1. Strategi Marketing Online Bisa Menjangkau 140 Juta Penduduk Pengguna Internet Aktif di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta jiwa dan hamper setengahnya, yakni 140 juta orang, sudah bisa mengakses internet baik itu untuk bermain sosial media, mencari informasi di mesin pencari, atau bahkan melakukan transaksi online.

Bayangkan kalau kamu bisa menjangkau 10% dari 140 juta orang untuk mau membeli produk atau menggunakan jasa milikmu. See? Dari poin satu saja udah profit banget. Oke, kita lanjut ke manfaat lainnya di poin kedua. 

2. Strategi Marketing Online Mudah Diaplikasikan oleh Siapapun dan Untuk Bisnis Apapun 

Bagi sebagian orang, mendengar kata; “jualan online” pasti udah mikir ribet duluan sebelum mencoba. Tapi seperti yang kita sudah bahas, kalau mau bertahan, kamu harus mengikuti arus jaman, ya, semudah mengganti strategi marketing konvensional offline beralih ke online marketing. 

Meskipun strategi digital marketing ada banyak sekali, bukan berarti tidak ada yang cocok denganmu, bukan? Pilih satu strategi marketing pada pembahasan lebih lanjut di poin platform media online marketing di bab berikutnya dan fokuslah pada strategi pemasaran tersebut, kalau kamu ahli, baru bisa kombinasikan dengan strategi marketing lainnya agar hasilnya maksimal.

3. Target Market Lebih Spesifik, Terukur, & Biaya Pemasaran Terjangkau

Bisnis kamu butuh jangkauan lebih luas, target pembeli spesifik yang butuh produk atau jasa milikmu, tapi bujet untuk marketingnya terjangkau, ada? Yup, tentu ada! Pakai strategi marketing aja. Kenapa demikian?

Well, kamu bisa menggunakan media pemasaran digital lewat iklan di platform Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads. Dari ketiga media iklan tersebut, pengiklan akan mendapatkan data laporan performa iklan yang kamu pasang. Dengan begitu, kamu bisa tahu siapa saja yang melihat iklan, mengklik iklan, dan yang membeli produk bisnismu.

Terkhir, strategi pemasaran digital biayanya sangat terjangkau, beriklan misalnya. Kamu bisa mulai mengiklankan produk atau jasa kita dengan hanya 20k lewat Instagram ads, bahkan bisa gratis kalau mau mencoba optimasi seo untuk bisnis kamu. 

Nah, gimana? Udah yakin dan teredukasi belum kalau digital marketing itu banyak banget keunggulannya? Oke, kalau kamu udah baca sampai kalimat ini, langsung aja yuk kita bahas strategi apa aja yang bisa kamu pilih untuk pemasaran digital bisnismu. Check this out!

Strategi Marketing Ampuh untuk Mendongkrak Omzet Penjualan

1. Gunakan Content Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan

Content marketing tidak selalu membuat konten artikel saja, tapi bisa juga media lain seperti video, gambar, podcast, hingga produk digital yang dibagikan cuma-cuma. 

Kok mau sih bikin konten secara gratis? Well, meskipun orang awam melihat strategi ini nggak ada gunanya, tapi bagi kamu yang paham strategi content marketing, Langkah tersebut punya tujuan yang jelas yakni mengedukasi market tentang bisnis kamu dan mengkonversi market tersebut dari cold market yang tidak tertarik menjadi hot market yang melakukan pembelian produk atau jasa milikmu.

2. Buat Program Refferal dan Tawarkan Kepada Pelanggan

Punya segudang omzet penjualan tinggi? What’s next? Coba deh bangun strategi marketing lainnya yang bisa scale-up profit bisnismu, buat program referral misalnya. Dengan strategi pemasaran ini, kamu bisa memperbesar omset pendapatan bisnis Anda dari hasil penjualan dari dukungan para pelanggan yang ikut program affiliate. Dare to try? Yuk dicoba!

3. Perluas Networking Bisnismu

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi merupakan faktor sukses tidaknya sebuah bisnis. Dari networking kamu bisa ketemu mentor yang bisa bantu level-up bisnismu, dari koneksi kamu bisa ketemu tim solid, dari koneksi kamu bisa menggaet banyak klien yang bersedia membeli produk atau jasa milikmu. Yuk mulai bangun koneksi mulai dari sekarang. 

4. Membangun Image Brand

Saat pertama kali memulai bisnis, kamu harus menentukan branding. Kenapa ini penting? Well, kamu ingin perusahaan atau bisnismu dikenal sebagai apa? Misal, brand milikmu ingin dikenal sebagai penyedia jasa penulisan konten atau bisa juga dikenal sebagai penyedia jasa digital marketing, maka sesuaikan strategi marketingnya dengan image brand yang ingin kamu bangun. As simple as that.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Mau toko online atau website bisnismu kebanjiran pengunjung organik dan tertarget yang siap membeli produk atau jasa yang kamu jual? SEO marketing adalah jawabannya! Kamu bisa melakukan optimasi on-page pada konten di website dan meningkatkan jumlah backlink berkualitas sebagai optimasi off-page, dengan begitu, website milikmu akan kebanjiran pengunjung tertarget sesuai kata kunci yang kamu targetkan. 

6. Email Marketing

Email marketing adalah strategi marketing tertua dan masih efektif hingga hari ini. Cukup kumpulkan database email pelanggan, berikan penawaran dengan copy konten menarik yang dibubuhi call to action pembelian produk, voila! Pelanggan tersebut akan membeli produk dan jasa yang kamu jual. 

7. Manfaatkan Influencer Marketing

Coba cari selebgram, selebtwit atau bahkan seleb blog yang berpengaruh. Sewa jasa mereka untuk mengendorse produk milikmu, maka penggemar mereka akan membeli produkmu. Perlu diingat ya, pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan produkmu ya. Misalnya kamu usaha jualan alat musik, mungkin kamu bisa minta endorse eka gustiwana atau dari personil band terkenal, kira-kira begitulah cara menerapkan relevansi bisnis dengan influencer.

8. Buat Kompetisi Online

Hampir setiap bulan banyak brand yang mengadakan kompetisi online mulai dari kompetisi menulis blog, desain, video, dan kompetisi lainnya. Strategi marketing ini bahkan menjadi andalan beberapa brand dalam meningkatkan brand awareness dan trust dengan mengadakan lomba setiap bulannya dengan tujuan banyak ulasan organic yang tampil di mesin pencari.

Dengan begitu, bila ada calon pelanggan yang tertarik dengan jasa atau produk yang kamu jual, mereka bisa mencarinya di google, menemukan artikel yang mengikuti lomba yang kamu adakan, dan mereka akan percaya kalau brand kamu bagus and it works, trust me. 🙂

Sekian, terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Selamat bereksperimen strategi marketing secara mandiri. Kalau ada masalah di tengah jalan, kami, Marketz.id, siap kok membantu kamu agar campaign marketing bisnismu berhasil sesuai ekspektasi pencapaian yang telah kamu targetkan.

Leave a Reply