fbpx

Bisnis Kita Butuh Sales Funnel?

Bisnis Kita Butuh Sales Funnel?

Saat ini perkembangan pemasaran bisnis sudah bertransformasi ke digitalisasi, hampir semua produk atau jasa dapat dibeli secara online, seperti produk kecantikan, pasta gigi, hingga pintu baja semua dapat melalui website ataupun sosial media lainnya.

Apabila Anda saat ini memiliki bisnis atau sedang ingin menjual produk, ini merupakan peluang besar buat Anda untuk merambah pemasaran bisnis Anda melalui online. Menurut data statistik, perkembangan pemasaran produk melalui digital akan meningkat hingga 50% pada tahun 2035.

Dalam meningkatkan bisnis melalui online Anda memerlukan sales funnel. Sales funnel atau merupakan sebuah proses dimana pembeli membeli sebuah produk melalui website atau sosial media. Untuk membeli suatu barang dibutuhkan journey yang cukup panjang. Mulai dari melihat iklan – tertarik-mencari tahu lebih jauh tentang produk – bertanya ke CS – membeli, proses ini disebut juga sales funneling.

Ketika proses sales funneling berjalan dengan baik, hal tersebut akan mempengaruhi pemasukan bisnis melalui online meningkat. Karena sales funnel menjadi pondasi dari hampir semua bisnis online yang sukses. Apabila bisnis Anda tidak terbiasa dengan sales funnel, Anda dapat konsultasikan dengan Marketz.id untuk meningkatkan penjualan online bisnis Anda.

Marketz.id saat ini sudah memberikan memberikan pelayanan terbaik untuk beberapa client besar seperti Panasonic untuk dalam membuatkan pemasaran bisnis secara online atau sales funneling yang baik untuk perusahaan tersebut. 

Terlepas dari hal itu, pada dasarnya sales funnel memiliki tujuan utama, yaitu agar calon pembeli sampai membeli produk Anda yang melihat melalui website membeli barang yang Anda tawarkan secara secara berulang.

Berikut ini merupakan beberapa alasan utama kenapa bisnis Anda memerlukan sales funnel.

  1. Membina Customer

Saat ini sudah banyak pemasaran bisnis melalui online customer dapat membeli barang dimana saja dan kapan saja, tentunya mereka membutuhkan beberapa pilihan bisnis mana yang mereka percayai dan yakini produk yang ditawarkan sesuai dengan yang mereka beli.

Dengan kata lain, menjual tidak sesederhana menjual produk melalui online dan ‘mengundang’ calon pembeli ke landing page dan menyuruh mereka untuk membeli. Maka dari itu dibutuhkan sebuah digital agency untuk membuat landing page agar calon pembeli dengan tujuan untuk meningkatkan ketertarikan dan percaya dengan bisnis dan produk yang Anda tawarkan di halaman website.

Ketika calon customer sudah tertarik dengan produk yang ditawarkan di website Anda, secara sukarela mereka akan mengisi semacam form untuk memastikan produk yang mereka inginkan. Setelah itu, adanya sales funnel ini memungkinkan bisnis Anda membina pelanggan dari waktu ke waktu.

2. Membangun Customer Journey

Di dalam sebuah siklus pembelian atau customer journey memiliki proses yang cukup panjang, namun tergantung pada produk atau jenis layanan bisnis yang Anda tawarkan. Siklus bisnis atau customer journey dibutuhkan waktu yang relatif, terkadang hanya beberapa jam saja atau hingga berbulan-bulan.

Ketika calon pembeli masuk ke halaman website Anda, tentunya Anda tidak akan pernah tahu apakah calon pembeli tersebut langsung membeli produk yang mereka inginkan di website Anda, kecuali website Anda dirancang hanya untuk pembeli yang siap.

Apa yang terjadi ketika mereka tidak siap untuk membeli sekarang? tentunya mereka akan meninggalkan website Anda.

Adanya sales funnel pada bisnis, Anda tidak akan mencoba membuat mereka membeli pada awalnya. Anda hanya mencoba untuk melihat dan mempertahankan perhatian mereka – untuk mendapatkan informasi seperti no handphone atau email mereka untuk memasarkan produk Anda kepada mereka dari informasi yang didapat.

Setelah Anda memiliki alamat email mereka, Anda dapat memberikan mereka informasi secara gratis, dengan cara memberikan mereka semacam informasi seperti newsletter, promo atau diskon dan menjaga merek Anda di pikiran (top of mind) mereka sampai mereka memasuki tahap pembelian dari siklus pembelian.

3. Membangun Kepercayaan Customer

Ketika pembeli sudah masuk ke siklus pembelian, Anda perlu memembangun rasa percaya kepada mereka untuk membeli produk Anda berkali-kali. Terkadang pembeli baru masih ragu dengan informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, bisnis Anda juga sangat memerlukan sales funnel.

Salah satu fitur dasar yang paling mendukung dari sales funnel, yaitu autoresponder email. Fitur ini merupakan email otomatis yang digunakan untuk pelanggan baru atau pelanggan yang pernah membeli produk Anda sebelumnya. 

Adanya fitur ini dapat membantu bisnis Anda untuk memasarkan kepada mereka tentang produk terbaru dari Anda atau ada informasi mengenai promosi yang sedang berlangsung. Dengan adanya sales funnel dan ditambah fitur email otomatis, mereka akan menunggu informasi terkait produk yang Anda jual.

Nah itu beberapa hal kenapa bisnis Anda memerlukan sales funnel, tentunya dengan adanya sales funnel di bisnis Anda akan meningkatkan penjualan melalui online. Apabila website atau sosial media bisnis Anda ingin dikelola dengan baik dan mendapatkan konsumen melalui online dengan banyak, Anda perlu digital advertising.

Marketz.id merupakan salah satu digital advertising yang dapat membantu pemasaran bisnis Anda dengan sales funnel. Apabila tertarik Anda bisa daftarkan bisnis Anda hari ini dan akan diberikan mentoring secara gratis selama 30 menit melalui telepon dan membantu digital research untuk bagaimana strategi pemasaran bisnis Anda.

Anda bisa klik tombol ini untuk bagaimana agar sales funnel bisnis Anda berjalan dengan baik, segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga karena slot ini terbatas.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *